jojo August 14, 2021
cara menghilangkan flu batuk dengan cepat

Cara Alami Menghilangkan Flu dan Batuk

Sehat24jam.com – Cara alami menghilangkan flu dan batuk ini bisa dilakukan tanpa obat-obatan. Sebuah aktifitas tubuh jika dilakukan dengan metode dan langkah-langkah tertentu, secara tidak disadari ternyata mampu memberikan bantuan proses penyembuhan dari suatu penyakit.

Ketika terserang flu dan batuk hidung dan tenggorokan kita kadang suka merasa perih, terutama ketika kepala sedang dalam posisi menunduk, sehingga kita sering mendongak.

Selain menahan perih, kita juga harus menahan kelbihan lendir yang keluar dari hidung, seolah sulit untuk dihentikan, walaupun sudah dikeluarkan sekalipun, bahkan kita pun menjadi sering meludah.

Ketika makan dan minum pun kita merasa tidak nyaman, terutama ketika makanan sudah sampai di tenggorokan.

Akan lebih menyakitkan lagi ketika flu disertai demam dan panas dalam, sebuah kondisi kurang baik di area pencernaan, yang efeknya juga terasa bahkan sampai ke saluran pernapasan.

Memberikan obat tentunya akan bisa lebih cepat dalam menghilangkan rasa sakit yang diakibatkan flu ini. Hanya saja, biasanya kita akan merasa tidak nyaman dalam beberapa posisi dan suhu tubuh.

Cara Alami Menghilangkan Flu dan Batuk Tanpa Bantuan Obat-Obatan

Sebuah metode yang sudah banyak digunakan sejak zaman dahulu adalah dengan cara alami menghilangkan flu dan batuk tanpa bantuan obat-obatan sekalipun. Berikut ini bisa dicoba dipraktekkan :

1. Telentang dengan Posisi kepala Jauh Lebih Tinggi dari Badan

Untuk cara alami menghilangkan flu dan batuk yang pertama ini adalah dengan posisi telentang, posisi tidur, sedikit bersandar pada tempat tidur bisa juga dilakukan.

Jika sandarannya langsung pada tembok atau apapun yang rasanya dingin, diusahakan menggunakan alas sehingga menjadi hangat.

Jangan sampai badan bersentuhan langsung dengan tembok atau sandaran tempat tidur yang tidak hangat, karena suhu tubuh akan semakin panas, demam tinggi.

Alas yang tebal pada sandaran akan lebih baik untuk memberikan kehangatan pada tubuh, ketika sedang sakit.

Jika sudah, Anda bisa memanfaatkan kasur atau guling yang biasa digunakan sebagai alas kepala ketika tidur lebih banyak dari biasanya. Jika dalam keadaan normal hanya menggunakan 1 bantal, ketika flu dan batuk, Anda bisa menumpuk 3 sampai 4 bantal sebagai alas kepala, sehingga posisi badan jauh lebih rendah.

Kenapa posisi kepala jauh lebih tinggi dibandingkan badan sangat dianjurkan orang yang sedang menderita flu, karena hampir kebanyakan orang akan mengalami kesulitan tidur, disebabkan tidak lancarnya sirkulasi udara di area pernapasan.

Posisi yang tentunya seolah menjadi sangat serba salah, ketika susah untuk bernafas. Tidur menjadi tidak berkualitas.

Untuk penderita flu, kebersihan tempat tidur, alas berupa bantal/guling, alas sandaran punggung, selimut harus benar-benar bersih, hindari debu berlebih, karena hidung dan organ pernapasan lainnya sangat sensitif ketika sedang terpapar virus influenza.

2. Mandi dan Berkumur dengan Air Hangat

Sangat berbahaya, seandainya kita memaksakan mandi dengan air dingin, sementara kondisi tubuh kita sedang mengalami demam. Kita akan semakin demam bahkan menggigil, demam semakin meninggi.

Hal ini disebabkan metabolisme tubuh sedang tidak dalam keadaan baik, sedang sakit, meskipun hanya demam kecil sebagai gejala sakit flu.

Satu hari tidak mandi saja, badan kita akan merasa tidak nyaman. Untuk tetap merasa nyaman walaupun dalam kondisi badan tidak sehat, adalah dengan cara mandi menggunakan air hangat.

Disaat flu yang disertai demam, untuk urusan air mandi, air minum dan aktifitas menggunakan air lainnya, diusahakan menggunakan yang hangat, bahkan untuk proses compress di dahi pun lebih baik dengan air hangat.

Khusus untuk berkumur, cara alami menghilangkan flu dan batuk adalah dengan menambahkan garam pada air kumuran. Ini akan sangat membantu melegakan tenggorokan dan hidung, serta membasmi kuman-kuman penyakit di saluran pernapasan.

Garam memang sangat banyak memiliki manfaat, selain memberikan rasa pada makanan, garam juga memiliki kemampuan membunuh kuman-kuman tertentu penyebab penyakit dalam tubuh.

Bahkan, ada kabar yang menyebar di masyarakat di saat Pandemi Covid-19 ini, bahwa untuk menjaga imunitas, sangat dianjurkan untuk meminum air kelapa muda yang sudah dibubuhi garam.

Kandungan iodium pada garam juga bisa mencegah penyakit gondok.

3. Detoksifikasi Dengan Bawang Merah

Cara alami mencegah flu dan batuk ini bukan saja sangat berguna untuk membantu memulihkan penderita, orang-orang di sekitar penderita pun, akan sedikit terlindungi dari penularan virus influenza.

Bawang merah memiliki kandungan zat yang mampu membunuh virus jahat penyebab penyakit, virus akan melakukan inang pada bawang merah, sebelum menduplikasi dirinya di sel yang sudah terinfeksi virus.

Cara Detoks alami ini dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan menempelkan pada bagian tubuh penderita flu, dan menempatkan irisan bawang merah di sudut ruangan tempat penderita flu beristirahat.

Untuk Detoks alami via anggota tubuh caranya dengan mengiris kecil kecil bawang merah sekitar 5-10 siung, selanjutnya irisan bawang tersebut ditempelkan di telapak kaki penderita.

Dilakukan ketika hendak tidur, untuk mengikatnya bisa menggunakan kasa maupun kain yang bersih dan higienis, ikat kuat dan biarkan sampai bangun tidur. Setelah bangun tidur, buang irisan bawang yang sudah ditempelkan di telapak kaki, lakukan sampai penderita flu benar-benar sembuh.

Sementara untuk yang ditempatkan pada sudut sudut ruangan, atau bisa saja di bagian rumah yang dikehendaki, intinya adalah dekat dengan penderita. Tapi, perlu diingat, siung bawang merahnya harus dipotong dulu ya, jangan dibiarkan utuh.

4. Pijatan Ringan Di Permukaan Tangan

Jika Anda pernah mendengar tentang titik pijatan, ternyata pada bagian permukaan tangan, telapak atas dan bawah, termasuk jari-jarinya, ada beberapa titik yang mempu meredakan sumbatan pada saluran pernapasan.

Ketika bersandar sambil beristirahat, disarankan untuk melakukan peijatan pijatan ringan di titik-titik pijatan untuk meringankan gejala flu. Jika tidak mengetahuinya, lakukan saja pada seluruh permukaan tangan, aka nada efek berbeda dirasakan, ada kenyamanan tersendiri.

Biasanya, jika titik pijatnya tepat, kita akan merasa sakit, mengeluarkan keringat. Tetapi setelahnya badan akan terasa lebih segar dan sesak nafas pun menjadi sedikit berkurang.

Untuk hasil lebih baik, tambahkan minyak saat melakukan pijatan kecil, misalnya minyak zaitun atau minyak urut yang memiliki rasa hangat di kulit. Bisa juga menambahkan kayu putih.

5. Memaksakan Berjemur Walau Tanpa Olah Raga

Jika disaat badan sehat, melakukan olah raga badan terasa segar, ketika sakit yang disertai demam, keseimbangan tubuh pun seolah hilang.

Cara alami menghilangkan flu dan batuk yang sudah lama dijalankan adalah dengan memaksakan diri untuk berjemur di pagi hari, meskipun tanpa melakukan gerakan apapun.

Jikapun merasa pusing saat berjemur, lakukan saja beberapa menit khusus di waktu pagi hari, saat matahari mulai meninggi.

Kandungan vitamin alami dari sinar matahari pagi sangat bagus untuk meningkatkan imun tubuh, influenza pun bersiap hengkang.

1 thought on “Tanpa Obat ! Seperti Ini Cara Alami Menghilangkan Flu dan Batuk

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*