jojo August 15, 2021
penyakit degeneratif di indonesia

Penyakit Degeneratif itu Apa Sih?

Sehat24jam.com – Perlu diketahui bahwa sel-sel yang ada tubuh manusia menurut para ahli kedokteran ternyata saling berkaitan satu sama lain. Lantas apakah kaitan sel dalam tubuh ini dengan penyakit degenerative ?, coba kita simak uraian dari beberapa sumber langsung dan tidak langsung di tulisan kali ini.

Sel pada tubuh sebagaimana dimaksudkan adalah bahwa sel tersebut berada atau mengatur suatu organ dalam tubuh. Sementara, organ dalam tubuh manusia itu sangat banyak.

Penyakit degeneratife yaitu suatu kondisi terganggunya fungsi dari seluruh organ dalam tubuh yang awalnya dipicu oleh rusaknya sebagian organ tubuh dikarenakan adanya perubahan signifikan pada sel yang menyusun organ yang rusak tersebut.

Jika orang sudah mengalami kondisi ini maka kondisi kesehatannya senantiasa mengalami penurunan bahkan pada tingkat yang akan sangat membahayakan.

Apakah faktor usia memiliki pengaruh pada proses terciptanya penyakit degeneratif pada manusia ?, beberapa diantara kita sering mengajukan pertanyaan seperti itu. Jawabannya adalah ada, karena seperti dijelaskan di atas bahwa penyebabnya adalah sel pada organ tertentu yang akhirnya menjalar ke seuluruh organ tubuh.

Fungsi sel dalam organ tertentu di tubuh manusia, seiring pertambahan usia, maka fungsinya pun semakin mengalami penurunan, inilah mengapa dikatakan bahwa penyakit degeneratif ada kaitannya dengan faktor usia seseorang.

Jadi, kini kita menjadi faham bahwa kenapa orang yang sudah berumur tua, biasanya di atas 50 tahun, sering mengalami berbagai macam gangguan penyakit, hal ini dikarenakan adanya sel pada organ tertentu yang sudah mengalami penurunan fungsi dan kualitas, yang paling umum disebabkan oleh sel kulit, pendorong proses penuaan.

Orang yang sudah berusia lanjut, jenis penyakit yang dialaminya berbeda-beda satu sama lain, tergantung pada bagian organ tubuh mana yang pertama kalinya mengalami penurunan kualitas dan fungsinya.

Apakah penyakit degeneratif ini hanya menimpa sebagian orang dengan usia sepuh saja ?, tidak juga demikian, karena untuk yang masih muda pun banyak juga yang mengalami kondisi kesehatannya menurun secara drastis dalam kurun waktu lama, seolah susah disembuhkan.

Kenyataan di lapangan pun ada juga orang dengan usia tua ternyata masih sehat dan lebih kuat dibandingkan dengan kaum muda yang tidak menjalani kualitas hidup sehat.

Pola makan, asupan kadar gizi makanan yang tidak seimbang, olah raga dan tingkat kemampuan manajemen pikiran pun akan sangat berpengaruh pada terjangkitnya kaum muda dengan penyakit degeneratif lebih dini.

Asupan kadar yang tidak seimbang dimaksudkan bahwa apa yang dikonsumsi kadar gizinya bisa sangat berlebihan atau memang kekurangan. Anak muda dengan gaya hidup mereka, cenderung menyukai sajian fastfood daripada harus terbiasa dengan makanan herbal.

Penyakit Degeneratif Banyak Ditemui pada Manusia Usia Lanjut

Beberapa contoh penyakit degeneratif ini sangat banyak ditemui pada manusia usia lanjut, banyak sekali jenis penyakit degeneratif yang mungkin selama ini kita belum pernah mendengarnya sama sekali.

1. Penyakit Degeneratif Berkaitan dengan Pembuluh Darah

Contoh yang berkaitan dengan pembuluh darah ini adalah penyempitan pada area pembuluh darah yang mengarah ke jantung. Resiko ini ternyata ada kaitan dengan usia seseorang.

Semakin tua umur seseorang, ternyata otot jantung mengalami penebalan dan penyempitan pada area pembuluh darah. Kondisi ini pada akhirnya menimbulkan hipertensi atau tekanan darah tinggi, stroke dan jantung.

Proses pemompaan darah ke jantung menjadi semakin melambat, ketika sel pada pembuluh darah terganggu, sehingga terjadi penyempitan, komplikasi penyakit pada area ini pun menjadi sangat mempengaruhi terhadap kondisi kesehatan, kesehatan seseorang pun semakin memburuk.

2. Penyakit degeneratif Berkaitan dengan Endokrin

Diabetes mellitus yang biasa disbut dengan penyakit gula merupakan satu diantara contoh penyakit degeneratif yang berhubungan dengan endokrin.

Penyebab utama penyakit degeneratif berkaitan dengan endokrin adalah ketidakseimbangan kadar hormonal, ketidakseimbangan hormonal ini mengakibatkan perubahan yang sangat mengganggu pada endokrin, sehingga tubuh menjadi sangat memburuk dalam hal merespon fungsi hormonal tubuh.

Cakupan system pada endokrin ini sangat luas meliputi saluran kelenjar dalam tubuh, satu diantaranya adalah pada kelenjar pankreas. Sel-sel pembangun pada endokrin ini ada kaitan dan pengaruh terhadap proses tumbuh kembang, hati, sexual functionality dan metabolism tubuh.

3. Tumor dan Kanker Sebagai Penyakit Degeneratif

Pernah melihat seseorang dengan benjolan tertentu yang kadang membesar tapi ada juga yang membesar dan mengecil ?, benjolan tersebut seolah tidak/sangat sulit dihilangkan. Bahkan sampai dianjurkan untuk melakukan proses operasi bedah tumor.

Kita harus membedakan antara tumor dengan kanker. Tumor hanyalah proses pembelahan sel dalam tubuh yang selanjutnya terjadi pertumbuhan di dalam tubuh secara berlebihan.

Pada tumor, proses kelebihan pertumbuhan sel ini tidak sampai mengganngu sel-sel lainnya pada organ tubuh yang lain apalagi sampai merusak, inilah yang kita kenal dengan istilah tumor biasa atau ringan.

Akan tetapi, jika perkembangan dari sel tumor ini sampai merusak pada fungsi organ tubuh lainnya yang notabene dalam kondisi baik, penyebaran secara cepat seolah tidak bisa terkendali inilah yang dinamakan tumor ganas dan berpeluang menjadi kanker yang sangat berbahaya.

Entah itu masih berupa tumor biasa ataupun yang sangat ganas bahkan menjadi kanker, keduanya merupakan penyakit degeneratif yang tentunya akan sangat mengganggu.

4. Penyakit Degeneratif Pada Area Tulang

Semakin tua umur seseorang, maka sel sel metabolisme pada tulang pun menjadi sangat terpengaruh, tulang semakin melemah dan mudah rapuh, mulai terjadi pengeroposan pada tulang.

Kita perhatikan pada para lansia, tidak sedikit yang menjadi berbadan bongkok, serta sangat rentan mengalami patah tulah bahkan untuk sebuah benturan kecil sekalipun.

Jadi sangat tidak disarankan, untuk para orang tua memikul beban yang sangat berat, karena memang kondisi tulangnya sudah sangat lemah, tidak memungkin untuk menopang beban yang terlalu berlebihan berat.

Untuk pengeroposan pada area organ tulang manusia ini biasa dikenal dengan sebutan osteoporosis. Para pelaku industry produk kesehatan pun akhirnya menciptakan ragam produk untuk membantu mengurangi kerapuhan tulang.

Karena bagaimanapun juga urusan usia itu menjadi suatu kepastian akan semakin bertambah secara hitungan angka, tetapi justru semakin mengurangi pada fungsi dan kualitas pada organ tubuh manusia.

Untuk penyakit degeneratif pada bagian tulang manusia ini biasanya terjadi pada bagian pergelangan tangan, pergelangan kaki, area lutut, tulang belakang, pinggul dan pinggang

Demikian Ulasan singkat mengenai penyakit degeneratif ini, semoga bisa bermanfaat yang pada akhirnya kita semakin bisa menjaga prilaku hidup sehat.

Selain pada beberapa organ seperti dicontohkan di atas, masih ada juga contoh penyakit degeneratif lainnya, bisa kita temukan di tulisan kami lainnya.

Setiap penyakit tentu ada gejalanya, termasuk pada penyakit degeneratif, mau tahu seperti apa gejala yang ditimbulkannya, simak pada tulisan kami yang berhubungan dengan gejala penyakit degeneratif.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*