jojo October 4, 2021
Gejala Penyakit Degeneratif

Gejala Penyakit Degeneratif

Sehat24jam.com – Pada tulisan lain kami telah menghadirkan beberapa contoh tentang penyakit degeneratif baik yang menyerang area tulang, kelenjar, hormonal, pembuluh darah dan tumor.

Proses penuaan sendiri merupakan penyakit degeneratif, dikarenakan berubahnya fungsi sel dalam organ tubuh. Sebelum kita lanjutkan pada gejala penyakit degeneratif masih ada contoh dari penyakit itu sendiri, diantaranya :

Pertambahan usia yang berkaitan dengan perubahan hormone serta pola keseharian yang kurang aktif, ditambah dengan pola asupan makanan yang tidak seimbang menyebabkan penyakit degeneratif berupa kelebihan berat badan atau obesitas.

Penyakit degeneratif berupa kegemukan ini memang didominasi oleh kalangan tua dibandingkan orang dengan usia masih muda, akan tetapi di era gadget seperti sekarang ini, yang mana segala sesuatunya seolah dari genggaman, tidak sedikit pula anak muda yang mengalaminya.

Apa Saja Gejala Penyakit Degeneratif?

Itu contoh penyakit degeneratif, untuk beberapa model penyakit lainnya bisa ditemukan di tulisan kami lainnya. Apakah ada gejala pada penyakit degeneratif, seperti apa saja gejalanya, bisa ditemukan pada uraian dibawah ini :

1. Rasa Nyeri pada bagian/organ tubuh tertentu

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa gejala atau tanda yang dirasakan penderita penyakit degeneratif baik usia muda maupun tua tentu saja berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Kita sering mendengar pada beberapa lansia yang mengeluhkan rasa sakit di bagian dada, ini bisa jadi merupakan gejala penyakit degeneratif yang berhubungan dengan organ jantung, kita mengenalnya gejala penyakit degeneratif area kardiovaskuler.

Penyakit degeneratif di organ jantung ini berkaitan dengan kerusakan sel-sel di area pembuluh darah sehingga funsgsinya semakin menurun, selain jantung ada juga hipertensi dan struk yang sel penyebab terjadinya sama dengan jantung.

Jika kita menemukan orang dengan gejala sakit atau nyeri pada bagian dada ini, segera periksakan ke dokter untuk segera mendapatkan pemeriksaan dan penanganan, perintahkan yang bersangkutan untuk segera beristirahat dengan tenang.

2. Rasa sakit/nyeri pada organ tertentu dan reaksi lain bersamaan

Semua gejala penyakit degeneratif seperti pada area jantung tadi si penderita mengalami rasa nyeri di wilayah dada, ternyata biasanya disertai dengan kondisi buruk lainnya

Misalnya, ketika penderita penyakit degeneratif dengan serangan pada area jantung merasakan nyeri atau sakit pada area dada, disertai dengan sesak nafas dan puyeng.

Gejala penyakit degeneratif organ jantung berbeda dengan tekanan darah tinggi, pada penderita hipertensi, gejala yang biasa timbul diantaranya sakit kepala yang sangat kuat, sesak di bagian pernafasan dan disertai dengan keluarnya ingus atau mimis dari hidung.

3. Pembengkakan pada Bagian Tubuh tertentu

Coba kita perhatikan penderita penyakit degeneratif, biasanya suka ada ukuran yang berbeda diantara beberapa organ tertentu yang terganggu, disebabkan penurunan kualitas fungsi sel di organ rusak tersebut.

Sebagai contoh, bagian tangan kiri lebih besar dibandingkan tangan sebelah kanan, dada sebelah kanan terasa lebih besar dibanding sebelah kiri, ulu hati merasa sakit ketika dipegang,  itulah yang kita maksudkan dengan pembengkakan sebagai contoh gejala penyakit degeneratif.

4. Kondisi tidak normal dari keadaan biasanya

Gejala penyakit degeneratif ini kita ambil contoh pada penderita gangguan area kardiovaskuler, tepatnya penderita penyakit jantung. Kondisi tidak normal sangat nyata terjadi dan bisa kita saksikan misalnya berupa denyut jantung yang tidak beraturan.

Pada penderita penyakit jantung kita bisa perhatikan gejalanya dengan intensitas nafas yang sangat sering tapi dengan begitu sulit atau sesak, ini sangat tidak normal dengan kondisi biasanya, pada aktifitas sesungguhnya ketika penderita dalam keadaan sehat.

Contoh lainnya adalah pada penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, pada keadaan yang sudah sangat mengkhawatirkan, intensitas mimisan dari hidung si penderita sungguh melebihi kondisi biasa dalam situasi normal.

5. Gejala Pingsan

Jika melihat penderita dengan gejala pingsan alias tidak sadarkan diri, pertolongan pertama yang harus segera dilakukan adalah penanganan tenaga medis.

Gejala penyakit degeneratif berupa pingsan ini sering kita temukan pada penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, dan juga stroke.

Pada kondisi ini, penanganan medis bertujuan untuk menormalkan kembali proses peredaran darah yang terganggu secara akut, tujuannya adalah untuk membuat penderita siuman kembali untuk dilakukan tidakan medis berikutnya.

6. Kelumpuhan

Selain pingsan, pada beberapa penyakit degeneratif tertentu gejala nya bahkan sangat banyak dalam waktu bersamaan. Penderita stroke misalnya. Hampir kebanyakan mengalami kelumpuhan pada banyak area organ tubuh yang berkaitan.

Kita tentu sering menemukan penderita stroke yang menggunakan kursi roda, ketika berjalan harus dipapah oleh orang sehat, merasa kesulitan menggerakan organ tubuh tertentu, selain kaki diantaranya tangan, bahkan mulut.

Kondisi area wajah pun biasanya sangat berbeda, seolah berubah bentuk ada yang menjadi miring ke kanan atau sebaliknya, hal ini disebabkan kelumpuhan pada organ wajah.

Orang dengan penyakit stroke, ketika dalam kondisi yang sangat parah, untuk berbicara saja sangat sulit, terdengar tidak jelas bahkan tidak bisa menggerakan mulut sama sekali.

7. Gejala Intensitas Berlebih Penderita

Gejala penyakit degeneratif berikutnya adalah adanya intensitas berlebih dari si penderita dari kondisi normal, penderita diabetes mellitus misalnya.

Kita tidak perlu heran jika menyaksikan penderita diabetes sering melakukan buang air kecil, intensitasnya sangat tinggi berbeda jauh dengan orang yang tidak mengalami penyakit ini.

Selain buang air kecil, perilaku berlebihan dari penderita diabetes mellitus adalah berupa sering banyak minum, sehingga mengakibatkan hubungan yang berkaitan dengan intensitas sebelumnya.

8. Kondisi Badan Sangat Lemas

Hati hati dengan yang sering malas gerak, gejala penyakit degeneratif satu diantaranya adalah merasa lelah/kelelahan, kondisi badan sangat lemas padahal tidak mengerjakan aktifitas berat sebelumnya.

Keadaan ini juga biasa dialami orang dengan penyakit diabetes mellitus, mereka sangat sering merasa lelah. Adakah contoh penyakit lain dengan gejala kelelahan seperti ini ?, silakan share dengan kami.

9. Infeksi Luar

Ketika kita menyaksikan orang memiliki luka infeksi pada bagian luar kulit, akan tetapi ketika diobati dengan obat luar sangat sulit sekali untuk mengering apalagi sembuh, waspadalah jika itu merupakan gejala penyakit degeneratif bernama diabetes mellitus.

Tidak sedikit yang pada akhirnya sampai dilakukan amputasi atau pemotongan pada bagian organ penderita yang mengalami luka infeksi, ini seolah menjadi solusi akhir, menjadi pilihan yang mesti dilakukan.

Hal ini disebabkan luka infeksi pada penderita diabetes mellitus akan semakin meluas dan menjalar ke bagian tubuh lainnya jika tidak dilakukan tindakan medis secara cepat.

Itulah beberapa contoh gejala penyakit degeneratif baik yang menyerang pada orang lanjut usia maupun pada kaum muda. Semoga dengan mengetahui gejalanya kita semakin bisa melakukan langkah prefentif yang lebih baik, serta mengetahui penyebab penyakit degeneratif karena bagaimanapun juga mencegah lebih baik dari pada mengobati.

1 thought on “Penting ! Berikut Ini Gejala Penyakit Degeneratif

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*