jojo October 5, 2021
Pencegahan Penyakit Degeneratif

Pencegahan Penyakit Degeneratif

Sehat24jam.com – Pencegahan penyakit degeneratif sangat berguna bagi semua orang yang berharap kondisi baik di kemudian hari. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Peribahasa seperti itu masih sangat dan harus senantiasa tertanam dalam diri setiap orang yang menginginkan kesehatan di hari tua.

Melakukan pola hidup sehat sedari awal, sejak dini dengan melakukan pencegahan terhadap penyakit degeneratif akan sangat berguna dibandingkan harus menunggu gejala yang bisa menimbulkan penyakit degeneratif tersebut.

Beberapa Langkah Pencegahan Penyakit Degeneratif

Beberapa kebiasaan berikut ini jika dijalankan dengan sebaik mungkin akan bisa menjadi langkah pencegahan penyakit degeneratif, jangan sampai menunggu usia bertambah tua, karena penyakit degeneratif bukan hanya menyerang pada manusia dengan usia lanjut saja, diantaranya :

1. Membiasakan diri dengan melakukan aktifitas pola makan sehat

Pola makan sehat yang sudah terbiasa dilakukan bukan berarti menambah volume apa yang kita makan tidak pula mengurangi jumlah asupan makanan yang kita makan.

Pola makan yang baik juga bukan berarti harus menahan lapar atau menambah intensitas makan, karena bagi sebagian orang yang sangat sulit membiasakan diri untuk melakukan sarapan pagi justru malah terkena gangguan pada bagian lambung.

Tujuannya seolah seperti benar, mengurangi asupan yang dimakan, akan tetapi justru malah menimbulkan suatu penyakit yang menjadi berbahaya jika dibiarkan tanpa penanganan. Berbahaya karena tindakannya seolah menjadi suatu kebiasaan.

Sering juga dialami beberapa orang tua yang tidak mengkonsumsi makanan kaya akan karbohidrat, kemudian menggantinya hanya dengan makan buah-buahan, sementara kondisi sedang sakit, maka apa yang terjadi, justru kondisi semakin memperburuk suasana.

Aktifitas pola makan sehat dibangun dengan cara membiasakan pola asupan makanan, bukan hanya banyak nutrisi, tapi lebih pada keseimbangan nutrisi. Tidak kelebihan hanya nutrisi tertentu saja, tapi kekurangan pada nutrisi yang lainnya.

Pencegahan penyakit degeneratif sejak dini dengan membiasakan diri pada pola makan sehat akan sangat berpengaruh besar, karena memang hampir kebanyakan penyakit berasal dari kurang disiplinnya seseorang dalam urusan perut.

Jika kita sedang pada posisi mengurus manula, yang belum terjangkit penyakit degeneratif, mungkin hanya berupa gejala kecil saja, penerapan pola makan sehat ini sangat perlu dilakukan.

Seolah menjadi kebiasaan para manula, mereka sulit sekali untuk makan, sementara asupan nutrisi bagi para manula itu merupakan suatu keharusan yang wajib dipenuhi, kita sebagai pembimbing dan notabene dalam keadaan sehat, harus mendisiplinkan manula yang sedang dalam pengasuhan untuk memenuhi kebutuhan makanannya. Sedikit pemaksaan pun akan lebih baik dibandingkan tidak adanya asupan nutrisi sama sekali.

2. Pengurangan nutrisi khusus untuk penderita obesitas

Jika tadi secara umum pola makan sehat adalah dengan melakukan proses penyeimbangan nutrisi, maka bagi penderita obesitas terutama manusia usia lanjut, penyeimbangannya adalah dengan cara pengurangan nutrisi yang menjadi asupan tubuh.

Ini semacam kekhususan, karena obesitas sendiri merupakan penyakit degeneratif, jadi pencegahan penyakit degeneratif untuk orang dengan kondisi berkelebihan berat badan lebih menekankan pada pencegahan penyakit degeneratif lainnya jangan sampai terjadi komplikasi.

Dengan mengurangi asupan nutrisi yang banyak mengandung lemak misalnya, selain berat badan semakin terkontrol, penumpukan lemak dalam tubuh pun semakin berkurang dan tidak sampai menyisakan sisa lemak yang akan menjadi plak yang membahayakan.

Plak dari sisa timbunan lemak ini akan sangat berbahaya bagi kelancaran aliran darah pada pembuluh darah manusia. Jika hal ini berhasil dilakukan, maka potensi terkena serangan jantung dan stroke berat pun akan bisa dengan mudah dicegah.

Memang agak sedikit susah untuk pencegahan penyakit degeneratif dengan kondisi obesitas, akan tetapi dengan kedisiplinan melakukannya bisa berhasil juga secara kualitas.

3. Pencegahan penyakit degeneratif dengan menghindari makanan pemicunya

Beberapa makanan yang berada di sekitar kita meskipun kaya nutrisi tertentu, justru bisa menjadi pemicu terjadinya penyakit degeneratif bagi tubuh kita.

Upaya pencegahan pun akan menjadi tidak efektif jika kita tidak mampu menahan keinginan untuk mengkonsumsi beberapa makan tertentu yang justru menjadi pemicu.

Beberapa makanan yang menjadi pemicu timbulnya penyakit degeneratif diantaranya adalah makanan yang banyak mengandung lemak dan kadar gula tinggi.

Apakah makanan tersebut harus dihindari secara total ?, tidak demikian keadaannya. Yang dibutuhkan adalah keseimbangan asupan. Kita bisa mengakalinya dengan asupan pengganti, misalnya untuk manis, mengganti gula dengan buah-buahan yang kaya antioksidan, tapi perlu diingat jangan sampai buah yang sudah dijadikan manisan.

Jikapun harus menggunakan gula, boleh saja dilakukan sesekali, tidak terlalu sering dan pilihlah gula yang berkadar rendah (low sugar), mengganti susu sapi dengan susu kedelai.

Terutama bagi para orang tua, asupan makanan yang disarankan adalah berupa buah-buahan, biji-bijian, sayuran segar yang jelas-jelas kaya akan antioksidan.

4. Olah Raga

Pencegahan penyakit degeneratif yang paling murah meriah dan sangat ampuh adalah dengan melakukan aktifitas atau kegiatan olah raga. Gerakan olah raga secara teratur dan terjadwal dengan baik mampu mengurangi resiko terkena penyakit degeneratif.

Akan tetapi, kegiatan yang sangat luar biasa ini sangat berat untuk dilakukan bagi kebanyakan orang. Berbagai alasan sering dilontarkan sebagai alibi untuk tidak melakukan kegiatan olah raga, bagaimana dengan Anda ?.

Pada beberapa tulisan kami di beberapa media, ketika berbicara tentang kesehatan akan selalu menghadirkan yang namanya kegiatan olah raga ini. Kenapa demikian, karena memang proses pembakaran dalam tubuh yang paling cepat adalah dengan berolah raga.

Olah raga merupakan detoksifikasi alami dan minim biaya, segala macam racun dalam tubuh mampu dihilangkan dengan olah raga, proses pembakaran dengan pembuangan kotoran tubuh melalui keringat dan air seni atau bahkan feses.

Adakah kaitan berolah raga dengan pembuangan kotoran tubuh melalui air seni ?, jelas ada, karena dengan banyak dikeluarkannya keringat dari dalam ubuh, menjadikan kita akan mengkonsumsi air lebih banyak guna menghindari dehidrasi, pada akhirnya pembuangan air seni pun lebih sering dan lancar membuang racun dalam tubuh melalui dorongan air yang kita minum.

5. Sering Melakukan Kontrol Kesehatan

Ini sangat penting dilakukan bukan hanya untuk kaum lansia saja, orang yang masih berusia muda pun akan sangat baik melakukan aktifitas controlling kesehatan ini.

Dengan melakukan control kesehatan kepada para ahli kesehatan, tim medis yang terstandar resmi oleh lembaga kesehatan, menjadikan kita akan memiliki kemampuan untuk pencegahan penyakit degeneratif lebih cepat dan efektif, karena memang permasalahannya bisa terdeteksi lebih dini.

Ketika volume berat badan semakin bertambah misalnya, kita akan semakin mudah melakukan perbaikannya dengan mengikuti arahan dari tenaga ahli kesehatan, ini tentunya bermanfaat besar.

Diatas merupakan beberapa langkah pencegahan penyakit degeneratif yang tentu akan sangat berguna jika dijalankan dengan baik dan disiplin.

Kita akan menjadi lebih baik dalam mempertimbangkan suatu tindakan, bukan berarti banyak pertimbangan, tetapi lebih pada tepat pertimbangan demi sebuah kesehatan.

1 thought on “Pencegahan Penyakit Degeneratif Sejak Dini

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*