jojo August 12, 2021
obat batuk flu dewasa

Sehat24jam.com – Flu dan Batuk merupakan penyakit yang sering dialami hampir semua orang, kemungkinan besar, kebanyakan dari kita pernah mengalaminya atau bahkan sering.

Bukan hanya orang dewasa saja, flu dan batuk ini bahkan bisa juga dialami balita yang masih dalam proses menyusui, tahap pemberian Air Susu Ibu atau ASI.

Karena memang kedua penyakit ini sangat cepat dan mudah penularannya. Seperti ketika penderita flu bersin, maka orang yang berada di dekatnya berpeluang besar tertular virus flu.

Untuk batuk juga hampir sama, ketika penderita batuk atau meludah, virus bisa dengan mudah menyebar ke orang di sekitarnya. Sehingga sangat dianjurkan ketika hidung bersin atau batuk menutupi dengan tangan kita supaya tidak menular ke orang lain di sekitarnya.

Orang yang dalam kondisi bermasalah di saluran pernafasan, dalam hal ini berarti mulut dan hidung, biasanya kurang bisa mengontrol apalagi jika sedang dalam kondisi flu dan batuk agak berat.

Kita yang dalam keadaan sehat, disaat berdekatan dengan mereka, yang seharusnya bisa mengontrol situasi.

Cara berikut ini bisa menjadi solusi untuk kita tertular virus flu dan batuk, kita simak dan semoga dapat bermanfaat.

Namun, sebelum pada tahapan cara menghindari penularannya, ada sedikit informasi penting yang perlu diketahui.

Ternyata, batuk itu adalah sebagian dari gejala flu, selain batuk gejala flu lainnya adalah pilek dan sakit pada daerah tenggorokan. Untuk pilek biasanya disertai dengan mimisan dari hidung.

Mimisan berupa cairan lendir ini merupakan hasil produksi berlebih dari paru-paru yang pada akhirnya menjalar naik melalui tenggorokan.

Flu merupakan penyakit pada saluran pernapasan penyebabnya adalah virus. Virus yang menyebabkannya bernama influenza. Penyakit flu ini biasa terjadi dan melanda banyak orang terutama pada saat pergantian musim, terutama dari kemarau ke musim penghujan.

Flu dan batuk sebagai satu diantara gejalanya, tentu saja akan sangat mengganngu aktifitas kita sehari hari, terlbih jika disertai mimisan lendir dalam jumlah besar. Untuk itu, yuk kita cegah penularannya dengan cara :

1. Membiasakan Diri Membersihkan tangan

Tangan merupakan anggota tubuh yang paling banyak berinteraksi dengan benda di sekitar, sementara itu, kita tidak tahu tingkat kebersihan dari benda yang disentuh tangan.

Membiasakan diri membersihkan tangan terutama bagian telapak tangan bagian atas dan bawah termasuk dengan sela-sela jarinya, akan sangat efektif menghindarkan penyebaran virus influenza.

Biasakan cuci tangan minimal 60 detik, menggunakan sabun atau handsanitizer, entah setelah berjabat tangan ataupun sekedar memegang benda mati sekalipun terutama ketika beraktifitas di luar rumah.

Terlbih jika tangan kita bersentuhan dengan orang yang sedang terkena flu dan batuk, mencuci tangan menjadi suatu keharusan.

2. Menghindari sentuhan daerah muka/wajah

Ketika kita sedang berdekatan dengan penderita flu dan batuk, usahakan untuk tidak terlalu sering memegang anggota tubuh bagian wajah, terutama mata, hidung dan mulut.

Apalagi jika telah bersntuhan dengan penderita dan kita belum mencuci tangan. Virus influenza, dominan menyebar melalui 3 panca indra tersebut.

Dengan mengurangi sentuhan di daerah wajah, resiko terjangkit penyakit dari virus influenza bisa sedikit diminimalisir.

Menggunakan masker untuk menutupi area mulut dan hidung, bisa lebih berguna lagi, terutama saat berdekatan dengan penderita. Perhatikan juga berkenaan masker, pakailah masker untuk sekali pemakaian saja, jangan berulang. Mengganti baru atau yang sudah dibersihkan terlebih dahulu.

3. Konsumsi Makanan Sehat dan Pemenuhan Air yang cukup

Kita sudah tahu bersama bahwa makanan dengan unsur gizi lengkap serta minum air putih yang tepat, akan mampu meningkatkan imunitas. Satu diantaranya adalah reaksi organ metabolisme di saluran pernafasan untuk mencegah virus influenza menjalar.

Minum air putih minimal 8-10 gelas ukuran orang dewasa setiap hari, juga sangat membantu menetralisir bahkan membunuh kuman dan racun termasuk virus influenza yang sudah terlanjur menjangkiti tubuh kita.

Jika menggunakan masker, kebiasaan membersihkan permukaan tangan merupakan upaya pencegahan virus di bagian luar, mengkonsumsi makanan dengan pola makan teratur dan kandungan gizi terjaga merupakan pencegahan dari dalam tubuh, termasuk memenuhi kebutuhan air minum secara baik dan benar.

Selalu mengusahakan pemenuhan kebutuhan vitamin, seperti Vitamin A dari sayuran, Vitamin C dari buah-buahan.

4. Olah Raga dan Istirahat Yang Cukup

Dengan berolah raga dan istirahat yang cukup, peluang terpapar virus influenza penyebab flu dan batuk sebagai gejalanya, atau gejala lainnya bisa dengan mudah teratasi.

Kenapa olah raga serta baiknya kualitas istirahat begitu penting ?, karena tingkat stress akan berkurang.

Sementara kita tahu bahwa stress merupakan ketidakstabilan emosional yang akan mempengaruhi banyak faktor dalam tubuh, terutama dalam hubungan metabolisme tubuh, diantaranya adalah metabolisme di saluran pernafasan.

Efek terpentingnya adalah, ketika tingkat stress berkurang, maka imunitas tubuh menjadi baik, tahan terhadap berbagai serangan virus penyebab penyakit, virus influenza diantaranya.

Untuk olah raga akan lebih baik dilakukan di luar ruangan, sehingga vitamin alami dari paparan sinar matahari akan juga didapatkan oleh tubuh kita, terutama matahari di pagi hari. Cara asyik berjemur adalah sambil bergerak.

Itulah beberapa langkah untuk kita terhindar dari penyebaran virus influenza. Memang, flu dan batuk seolah menjadi hal yang sangat biasa bagi sebagian masyarakat kita.

Akan tetapi, jika kebiasaan baik untuk pencegahan ini sudah terbiasa kita lakukan, ini akan sangat berdampak baik. Terutama, jika kita memang terjun langsung dengan penderita.

Jika bagi petugas medis, tentu saja cara ini sudah menjadi aturan yang harus dilakukan, seperti memakai sarung tangan ketika merawat pasien penderita penyakit saluran pernafasan.

Akan berbeda kejadiannya, jika ini dialami oleh masyarakat yang bukan petugas medis, seperti merawat anggota keluarga di rumah, mengetahui cara cara efektif mencegah penularan virus ini akan sangat membantu mencegah penularan, selain itu akan sangat baik juga untuk percepatan proses penyembuhan penderita, karena setrilisasi yang terjaga.

Dari kesemua langkah pencegahan yang telah dijelaskan secara singkat di atas, langkah terbaik adalah menghindari kontak langsung dengan penderita.

Namun, ada yang lebih penting lagi dari sekedar menghindari kontak dekat dengan penderita, itu adalah menjadikan semua langkah pencegahan menjadi suatu kebiasaan yang telah spontan dilakukan.

Kenapa demikian ?, karena kita tidak pernah tahu dari mana virus bisa menyerang dan dengan cara seperti apa serta diwaktu sedang melakukan aktifitas apa, kita tidak tahu, hanya bisa berupaya mencegah semaksimal mungkin supaya tidak menjadi penyakit yang berbahaya.

Dengan tidak menganggap enteng flu dan batuk, berarti kita akan semakin menjaga dan memlihara kesehatan serta imun tubuh dengan sebaik mungkin berawal dari kebiasaan rutin yang seolah biasa saja tapi manfaatnya bisa langsung dirasakan. Mari bersama kita biasakan.

Seperti Apa Sih Obat Alami Untuk Flu Dan Batuk ?, Baca ulasannya di tulisan yang berjudul : terkesan kuno, ternyata ini jadi obat alami flu dan batuk.

1 thought on “Menghindari Flu dan Batuk, Lakukan Dengan Cara Ini !

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*