jojo August 5, 2021
makanan sehat adalah makanan yang

Makanan Sehat Adalah

Sehat24jam.com – Makanan sehat adalah ragam asupan kebutuhan tubuh manusia yang terkandung didalamnya banyak unsur nutrisi untuk tubuh senantiasa sehat. Metabolisme dalam  tubuh menjadi berjalan sebagaimana seharusnya.

Pemenuhan gizi yang sempurna mampu mengoptimalkan pertumbuhan tubuh, meningkatkan imunitas terhadap segala macam gangguan penyakit. Terpenuhinya kebutuhan gizi ini tentunya jika syarat 4 sehat 5 sempurna nya terdapat pada makanan kita.

Kandungan Protein, vitamin, lemak nabati, hewani, karbohidrat, protein dan nutrisi lainnya harus diperhatikan pada setiap asupan makanan, sehingga sajian makanan setiap hari pun menjadi lebih variatif dan berujung pada keteraturan pola makan.

Makanan Sehat Adalah Makanan Yang Memenuhi Keseimbangan Takaran Gizi

Makanan sehat adalah makanan yang bukan saja membuat perut kenyang, akan tetapi lebih pada keseimbangan takaran porsi pemenuhan takaran gizi. Jika demikian, berarti kita harus tahu apa saja yang layak dikonsumsi dalam setiap hidangan.

Berikut ini coba kami uraikan ragam makanan sehat yang notabene kurang begitu diperhatikan dalam keseharian, padahal kandungan unsur gizinya sangat tinggi sebagai pemenuhan nutrisi :

1. Kandungan Gizi Pada Buah-buahan

Makanan sehat adalah yang memiliki kandungan vitamin sangat tinggi. Ini bisa kita jumpai pada hampir semua buah-buahan. Sudah cukupkah asupan buah untuk tubuh kita setiap hari ?, ini sangat penting.

Bukan perkara yang sulit untuk kita mendapatkan alpukat, papaya, jeruk, pisang, apel, mangga dan buah segar lainnya. Justru, kemalasan mengkonsumsinya yang seolah makanan bervitamin tinggi ini seolah susah didapat.

Sebagian masyarakat lebih memilih beralasan jauh belanja, ribet, atau tidak sempat daripada harus melakukan pemenuhan gizi dari unsur buah ini. 

Selain tinggi vitamin, terutama Vitamin C, buah-buahan juga sangat kaya akan serat untuk memperbaiki metabolisme di saluran pencernaan. Antioksidan yang didapat dari buah juga sangat luar biasa.

2. Kandungan Gizi Pada Telur dan Daging

Jika kita membutuhkan asupan lebih untuk lemak, protein hewani dan zat besi, daging adalah pilihan terbaik, terutama pada daging sapi berkadar lemak rendah.

Bagi masyarakat berkecukupan, mungkin saja pemenuhan daging pada menu makan harian bukan sebuah masalah, berbeda dengan yang kurang mampu, tentu akan merasa berat memenuhinya.

Tapi tidak perlu khawatir, karena ada makanan yang memiliki kandungan gizi sangat lengkap yaitu telur. Hampir semua unsur nutrisi bisa didapatkan dari  telur. Vitamin, Mineral, Lemak dan unsur penting lainnya terkandung didalamnya.

Dengan harga yang sangat jauh berbeda antara daging dengan telur, tidak ada alasan untuk tidak memenuhinya. Jadi makanan sehat adalah lebih pada kadar gizi kandungannya bukan pada harganya.

3. Sayur Mayur Kaya Gizi dan Ekonomis

Sedikit halaman di pekarangan rumah kita, jika dirawat dengan baik, mampu memenuhi kebutuhan sayuran dalam menu makan setiap hari.

Apalagi di zaman sekarang, sudah banyak bermunculan toko yang menawarkan sayuran segar, mulai dari penjual keliling, warung rumahan, minimarket, mall bahkan situs online.

Ini sebuah bukti yang mengindikasikan mudahnya pasokan sayuran untuk sampai ke masyarakat. Namun, ada yang lebih dari itu, yakni pentingnya sayuran untuk dikonsumsi setiap hari.

Makanan dengan unsur gizi tinggi serta hemat di kantong satu diantaranya adalah sayuran.

Ada senyawa yang terkandung dalam sayur-sayuran telah terbukti mampu mengurangi resiko penyakit degeneratif atau penyakit berat seperti kanker, diabetes dan serangan jantung.

Contoh untuk sayur ini adalah brokoli. Zat yang terdapat didalamnya seperti vitamin, kalium, kalsium, betakaroten ternyata menjadi sumber antioksidan yang sangat bermanfaat jika rutin dikonsumsi.

Makanan sehat adalah yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan metabolisme akibat suatu penyakit. Cegah sedari dini, faktor penyebabnya cukup dengan asupan makanan ekonomis seperti brokoli.

Makanan sehat pada sayuran berdaun hijau juga jangan sampai diremehkan. Bayam, Daun sawi hijau, kubis dan buncis juga kaya akan manfaat dari kandungan vitamin didalamnya.

Bahkan, yang sering dihindari kebanyakan masyarakat kita, dikarenakan rasa pedasnya, cabe rawit, ternyata kaya akan Vitamin C, tentunya dengan takaran yang wajar, jangan sampai berharap banyak Vitamin C, makan sambal tanpa aturan.

4. Kandungan Gizi pada Kacang dan Biji-bijian

Renyah, Gurih, itu yang kita rasakan ketika mengkonsumsi kacang tanah, apalagi yang sudah diolah sedemikian rupa sehingga menjadi cemilan yang begitu ringan dan enak.

Tahukah Anda, bahwa apa yang terdapat pada kacang-kacangan adalah sumber nutrisi yang sungguh istimewa. Mineral, Vitamin E, Magnesium, Protein Nabati bisa menjadi sumber asupan gizi bagi kita saat mengkonsumsinya.

Bagaimana dengan beras ?, sebuah pertanyaan tepat. Beras adalah termasuk pada biji-bijian. Makanan pokok hampir seluruh masyarakat ini seolah menjadi menu wajib yang mesti tercukupi.

Sumber karbohidrat tertinggi yang menjadi pokok asupan sumber tenaga manusia adalah dari beras dan kacang hijau.

Selain sumber karbohidrat, ternyata beras dan biji-bijian lainnya sangat banyak mengandung serat, protein, Vitamin B serta kaya akan mineral. Antioksidan juga sangat tinggi pada kacang dan beragam biji-bijian seperti banyak terdapat gandum dan jagung.

Bagi sebagian masyarakat, tingginya sumber karbohidrat pada beras bisa membuat obesitas atau kegemukan, berat badan berlebih. Memang, tidak ada salahnya, tetapi itu semua kembali kepada pola makan kita. Menjaga ritme dan volume asupan yang tepat dapat menghindari itu.

Untuk yang mengalami kesusuahan dalam pengaturan pola makan, bisa merubahnya dengan mengkonsumsi beras merah, silakan dicoba dan rasakan pengaruhnya berkaitan dengan berat badan.

5. Kandungan Gizi Dari Makanan Familiar Bernama Ikan

Sama halnya dengan sayuran, ikan sangat mudah didapatkan, sehingga sudah sangat familiar, selain murah, kandungan gizinya pun sudah tidak diragukan.

Selain kandungan yang kaya vitamin, rasa yang enak dan masuk hampir di semua lidah, serta banyaknya makanan olahan berbahan baku ikan, menjadikannya sangat familiar.

Terlebih lagi, bagi masyarakat yang berlokasi di pedesaan, banyak sekali budidaya ikan tawar dengan beragam varian ikan.

Berdasarkan hasil penelitian, para ahli menyimpulkan bahwa ikan mengandung banyak yodium, omega-3 serta asam lemak yang sangat baik dikonsumsi untuk memelihara kesehatan jantung. 

6. Sempurna Dengan Kandungan Gizi Pada Susu

Kita semua sepakat bahwa susu adalah asupan tubuh yang sangat dibutuhkan. Sehingga pola 4 sehat 5 Sempurna pun memang dengan susu dilakukan penyempurnaanya.

Susu hewani yang biasa kita dapatkan dari sapi atau kambing, maupun susu nabati yang dihasilkan dari kedelai memiliki manfaat hebat yang tidak terbantahkan, kalsium merupakan satu diantara kandungan syarat gizi yang dimiliki susu.

Sehingga untuk bayi yang pertama lahir, Air Susu Ibu adalah asupan wajib yang harus didapatkan bahkan sampai 9 bulan sejak kelahiran, sebelum beralih ke susu olahan hewani.

Sebuah Fakta menarik hasil riset ahli kesehatan. Bahwa ASI merupakan Susu terbaik, Dan ternyata ada susu hewani yang kualitasnya mendekati ASI yaitu susu kambing.

Demikian Ulasan kami tentang makanan sehat ini, semoga kita bisa mulai menerapkan pola makan yang sehat dengan senantiasa memberikan makanan sehat untuk tubuh. Makanan sehat adalah makanan yang kami uraikan di atas. Semoga bermanfaat.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*