jojo August 8, 2021
jadwal aktivitas diet

Aktivitas Penghambat Keberhasilan Diet

Sehat24jam.com – Lagi-lagi diet, berat badan berlebih, kadar gula, gak bisa makan enak, aktivitas dibatasi, beberapa keluhan yang sering didengar di kehidupan modern.

Kebanyakan itu keluar dari orang yang tidak berhasil menjalani proses diet mereka. Satu diantaranya diakibatkan ketidaktahuan mereka tentang aktivitas penghambat keberhasilan diet.

Banyak yang beranggapan bahwa apa yang mereka makan saat menjalani diet sudah sesuai aturan, jenis makanan, pola makan, waktu istirahat sudah diatur sedemikian rupa, tapi hasilnya tetap saja gagal.

Di tulisan kali ini, yuk kita coba ulas aktivitas di keseharian yang sebenarnya memiliki dampak yang signifikan untuk menunjang keberhasilan diet atau justru malah kebalikannya.

Aktivitas Penghambat Keberhasilan Diet Seringkali Diabaikan oleh Banyak Orang!

Aktivitas penghambat keberhasilan diet berikut ini adalah suatu kegiatan rutin atau sering dilakukan di kehidupan sehari-hari tanpa banyak yang menyadari sangat berakibat luar biasa untuk suksesnya diet :

1. Ngemil Makanan Berkarbohidrat Ketika Menjelang Malam

Setelah seharian kerja tentunya semua orang dilanda kelelahan. Apalagi kompleksitas kehidupan perkotaan, mulai dari kemacetan jalanan sampai pada problema pekerjaan, menguras energy yang sangat besar.

Ketika hendak kembali ke rumah untuk beristirahat, tanpa disadari mampir dulu ke tempat jajanan ringan untuk sekedar ngopi ngopi kecil pas tiba di rumah.

Memang sih makanan ringan, tapi karena waktunya kurang tepat akhirnya akibatnya pun jadi kurang baik.

Saking lelahnya beraktivitas, akhirnya pemilihan cemilannya pun yang sedikit bisa mengganjal lapar, biasanya cemilan seperti martabak manis, martabak telur, donat bahkan gorengan, benar kan ?

Padahal, akan lebih baik satu buah segar ditambah roti secukupnya dan air putih sedikit lebih banyak. Itu akan lebih baik, tapi ingat jangan manisan buah ya, tapi buah segar.

2. Kebiasaan Nonton atau Main Game Sambil Ngemil

Aktivitas penghambat keberhasilan diet berikutnya memang sangat sulit bagi si movie mania dan para gamers. Kenapa spesifik sekali ya ?.

Perlu Anda ketahui aktivitas nonton dan main game itu menguras energi, berhubungan dengan emosional. Menimbulkan kecemasan, rasa penasaran berlebih.

Efek yang ditimbulkan diantaranya adalah kurang control pikiran dan rasa lapar secara berlebihan.

Sehingga seolah sangat lumrah, cemilan berupa makanan ringan bisa habis hanya selama nonton dan bermain game saja. Dan itu seolah tidak merasakan perut kenyang. Pada akhirnya, yang tadinya sekedar ngemil berubah menjadi ngemie, alias makan mie instant.

Aktivitas penghambat keberhasilan diet ini, biasa terjadi di rumah pada jam-jam istirahat, saat bercengkrama bersama keluarga, atau mungkin juga di warnet bagi yang senang nongkrong sekedar kongkow-kongkow.

Ngemil saja sudah sangat mengganggu program diet, apalagi ditambah ngemie. Anda juga tahu kan mie instant itu berbahan baku dari terigu, minyak nabati dan bumbu bumbu instant yang karbohidratnya sudah jelas sangat tinggi.

Tanpa terasa, saking terbawa emosi, malam pun semakin larut, waktu yang harusnya digunakan untuk beristirahat melepas lelah, menjadi dipakai untuk begadang, tidur menjadi kurang berkualitas, pembakaran kalori ketika tidur pun menjadi sangat lambat, lemak pun jadi susah menyusut.

Aktifitas setelah point 1 akan lebih membantu kesuksesan diet, jika saja setelah melakukan mandi, istirahat santai bersama keluarga, berikan lagi asupan buah segar dilanjutkan dengan makan nasi yang sudah digramasi, lauk pauk cukup dengan tahu tempe.

Atau bisa juga dengan mengkonsumsi telur ayam rebus tanpa nasi, ditambah dengan kentang atau roti secukupnya, serta selalu dibantu air putih tapi jangan yang dingin apalagi sampai dicampur es batu.

Sempurnakan dengan asupan susu dengan kadar lemak rendah. Usahakan jangan ditambahi lagi dengan gula.

Atau Jika Anda sedang rutin mengkonsumsi nutrisi pembantu program diet, seperti berbentuk the misalnya, bisa Anda lakukan itu. Diusahakan segera tidur tidak lebih jam 10 malam setiap harinya.

3. Bermalas Malasan Karena Mager Alias Malas Gerak

Yang namanya gerakan tertentu dilakukan secara rutin akan sangat bermanfaat bagi tubuh, bukan hanya untuk yang sedang diet saja. Malas gerak untuk mengeluarkan keringat sangat nyata sebagai aktivitas penghambat keberhasilan diet.

Bagi orang dengan kelebihan berat badan sudah barang tentu untuk bergerak saja susah, yang pada akhirnya lebih memilih bermalas-malasan, rebahan di sofa, selonjoran sambil main gadget, ujung-ujungnya ya kembali ke ngemil dan ngemie lagi.

Sebenarnya jika bersungguh-sungguh ingin berhasil, aktivitas sederhana dengan tenggat waktu 10 sampai 15 menit pun akan memiliki efek yang besar manfaat. Asalkan dilakukan secara rutin dan gerakan yang teratur.

Misalnya, Gerakan ringan pagi hari, siang hari, sore hari dan malam hari, secara bertahap selama 3 – 6 bulan.

Akan lebih bagus lagi jika dalam sepekan, menyempatkan untuk lari di siang hari, itu sangat cepat membakar lemak tubuh. Siap mencoba ?

Sebuah kisah nyata, ada orang dengan kegemukan yang sangat. Hampir mencapai 100kg, dengan kesungguhan yang dimilikinya, senantiasa menyempatkan melakukan olah raga ketika siang hari, sekitar jam 13.00.

Sesibuk apapun aktivitas kerjanya, orang tersebut menyempatkan untuk melakukan gerakan lari ketika terik matahari. Hasilnya sangat bisa dibanggakan, tidak sampai satu tahun, berat badannya turun sampai mencapai 50kg.

Sebuah hasil yang fantastis, hasil sebuah keyakinan berbekal gerakan olah raga paling murah meriah bahkan gratis, bermodal kemauan saja.

Gerakannya hanya sekedar lari, itu pun bertahap dari sisi jarak tempuh dan waktu yang dihabiskan. Tapi hasilnya sangat menakjubkan.

Bisa Anda bayangkan, jika saja orang tersebut lebih memilih bermalas-malasan untuk bergerak, bobot akan semakin bertambah, gerak pun makin susah.

Jika pada contoh nyata ini Anda masih merasa kesulitan menerapkannya, cobalah mencari gerakan-gerakan olah tubuh yang sekiranya bisa dilakukan bahkan dari kamar tidur, yang terpenting adalah lakukan, take action.

4. Kongkow Sekedar Minum Kopi Malam Hari

Hangout memang sangat mengasyikan bagi sebagian orang, apalagi bagi kaum muda perkotaan, seolah menjadi trend dan lifestyle, bagi yang menjalani diet, jika kongkow malam meski sekedar minum kopi sudah menjadi hobby, tentu menjadi tantangan berat.

Itulah aktivitas yang menghambat keberhasilan diet kaum muda. Sulit memang, tapi jika tidak segera dirubah, bukan sekedar minum kopi saja kan kegiatannya, notabene sangat berpengaruh kurang baik untuk metabolisme tubuh.

Aktivitas seperti ini Sedikit berkurang ketika pandemi, bagi kaum diet jadikan situasi ini sebagai latihan mencapai keberhasilan diet, karena keadaan sedang sangat mendukung.

Jika kala pandemi bisa bertahan, mampu untuk menjalankan, harusnya di hari-hari normal pun harus bisa juga, jadi semua kembali ke pelaku dietnya, meu tetap melakukan aktivitas yang menghambat keberhasilan diet atau mau jadi pemenang alias juara diet.

5. Anti Dengan Barang Barang Herbal Tradisional

Generasi modern mungkin sangat tidak menyukai hal-hal yang berbau tradisional, padahal manfaatnya luar biasa. Mereka lebih memilih fastfood daripada harus konsumsi jamu.

Mau tahu Bahan Herbal Pendukung Diet ? Yuk Lanjut Membaca

1 thought on “Kebiasaan Ini, Ternyata Jadi Aktivitas Penghambat Keberhasilan Diet Lho..

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*