jojo July 12, 2021
makanan gizi seimbang

Makanan Dengan Unsur Gizi Tinggi

Sehat24jam.com – Makanan dikatakan sehat jika memiliki unsur gizi. Kita perlu memperhatikan unsur gizi ini sebagai upaya memelihara tubuh.

Makanan dengan unsur gizi tinggi bisa membantu Sistem metabolisme tubuh, pertumbuhan dan ketahanan tubuh terhadap penyakit bisa berjalan secara baik.

Kualitas tubuh tidak bisa dilepaskan kaitannya dengan gizi atau nutrisi. Sehingga asupan gizi harus selalu terkandung pada apa yang kita konsumsi.

Gizi atau biasa kita kenal dengan sebutan nutrisi memiliki sifat organik yang berfungsi untuk melakukan normalisasi fungsi komponen metabolisme dalam tubuh.

Kita mungkin pernah mendengar tentang radikal bebas dalam tubuh ?, ternyata radikal bebas menjadi penyebab utama terjadinya penyakit kronis, penyakit degenerative atau berat.

Sel-sel radikal bebas ternyata sangat mengganggu ikatan sel-sel metabolisme baik dalam tubuh sehingga menyebabkan kerusakan berbahaya terutama pada system perlidungan tubuh dalam jaring metabolisme.

Makanan dengan unsur gizi tinggi, sangat efektif dalam membantu dan melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, imunitas tubuh meningkat. Sehingga gizi makanan sangat penting bahkan ketika kondisi sedang sehat sekalipun.

Untuk yang sudah terlanjur terserang penyakit degenerative, tentunya sel jahat dari radikal bebas sudah sangat menjalar. Rutin mengkonsumsi makanan dengan unsur gizi tinggi mampu meningkatkan daya penyembuhan.

Asupan gizi seimbang disaat penyembuhan, mampu memutus rantai radikal bebas yang terlanjur menjalar. Sehingga, secara bertahap kandungan gizi mulai mengurai dan melakukan normalisasi fungsi sel metabolisme tubuh ke posisi dan fungsinya masing-masing.

Ibarat sebuah selang air atau pipa saluran air, ketika terjadi sumbatan pada jalur saluran, maka tekanan air pun akan sangat kecil dan lambat keluar, radikal bebas dalam tubuh adalah sumbatan yang mengganggu system metabolisme dalam tubuh, terutama aliran darah manusia.

Molekular organic dalam unsur gizi, mampu mengurai sumbatan pada aliran darah manusia karena semua substansinya bersenyawa dan bekerja mengembalikan fungsinya.

Ini hanya bagian kecil saja dari besarnya manfaat gizi untuk tubuh makhluk hidup, khususnya manusia.

Seperti Apa Makanan Dengan Unsur Gizi Tinggi?

Diantara Makanan dengan unsur gizi tinggi adalah makanan yang mengandung kalori tinggi. Kalori tinggi biasa terdapat pada makanan dengan kadar lemak serta minyak tinggi.

Untuk contoh makanan ini bisa kita temukan pada cokelat, kacang-kacangan dan biji-bijian. Tapi bagaimana jika sedang menjalani program diet ?. Solusinya adalah dengan olah raga secara intens. Sehingga kalori tetap terpenuhi, penurunan berat badan pun tetap berjalan.

Bertolak belakang dengan yang sedang menjalani program diet, bagi yang kekurangan berat badan, kalori tinggi pada makanan tertentu, akan sangat membantu dalam hal peningkatan berat badan. Tapi perlu diingat, selalu konsumsi secara tepat dan proporsional.

Sebenarnya, hampir semua makanan dan minuman mengandung kalori, hanya ada yang berkadar tinggi dan berkadar rendah. Fungsi metabolisme tubuh kita bisa berjalan baik merupakan jasa besar dari kandungan gizi bernama kalori.

Faktor umur, jenis kelamin, kekuatan otot menjadi penyebab perbedaan kebutuhan pemenuhan kalori setiap orang. Akan tetapi jika dirata-ratakan adalah sekitar 2000 kalori yang dibutuhkan setiap hari.

Fakta unik tentang besarnya kegunaan kalori bagi manusia diantaranya adalah meningkatkan imun tubuh terhadap gangguan penyakit, menjaga organ dari kerusakan kronis bahkan sangat membantu menjaga kesehatan saraf.

Kebermanfaatan tinggi dari kalori ini juga perlu diimbangi dengan olah raga yang cukup dan teratur, selain itu pola makan dan istirahat juga harus senantiasa terjaga.

Hal ini penting sekali dilakukan, karena berkaitan dengan efek yang bisa ditimbulkan dari asupan berlebihan kalori tanpa dilakukan penyeimbangan. Obesitas, jantung dan diabetes bisa disebabkan oleh kelebihan kalori dan tidak ada usaha perimbangan.

Bisa Anda bayangkan, dalam 1 sendok makan minyak zaitun atau minyak sawit saja kalori yang terkandungnya sudah lebih dari 100 kalori. Ditambah dari daging dan nasi yang dikonsumsi.

Kita lanjutkan pembahasan utama kita yaitu berkenaan dengan makanan dengan unsur gizi tinggi. Diantara daftar berikut ini sangat mengandung kalori tinggi, diantaranya : 

1. Margarine

Terbiasa sarapan dengan roti tawar ? entah dipanggang, atau dikukus, atau mungkin tanpa keduanya, penambahan margarine untuk roti ini, selain menambah lezat, ternyata menyumbang asupan kalori tinggi dari margarine.

Jenis bahan margarine apapun, ternyata mengandung kalori sekitar 95kal jika dirata-ratakan.

2. Aneka Daging (Kalori Hewani)

Apa kira-kira daging yang cocok untuk pemenuhan kebutuhan kalori tubuh bagi yang sedang diet ?, Daging ayam adalah pilihan terbaik dan sangat tepat.

Kandungan kalori pada daging ayam adalah sekitar 175kal sangat jauh berbeda dengan kandungan kalori daging sapi dan kambing yang hampir mencapai 300kal per 85gr sajian daging.

Sekarang jadi ada gambaran kan, kenapa pelaku program diet sangat mengurangi asupan daging atau bahkan menghindarinya ?, kandungan kalori tinggi menjadi diantara alasannya.

Perlu aktifitas tambahan untuk pembakaran kalori, atau zat khusus pada bahan-bahan tertentu pula yang bisa membantu percepatan proses pembakaran kalori, terutama disaat sedang tidur.

3. Buah Segar VS Buah Olahan

Ini sangat penting disampaikan dan diketahui pelaku program diet, banyak yang salah kaprah dalam pelaksanaannya. Mereka rela berlapar-lapar menghindari asupan daging tapi dengan mengkonsumsi buah olahan. Mengenal makanan untuk orang diet itu sangat penting.

Seharusnya buah yang dikonsumsi adalah buah-buahan segar, belum mengalami pengolahan lanjutan. Karena buah olahan sudah mendapatkan kandungan gula tambahan sebagai pemanis.

Dan perlu diketahui, bahwa kandungan kalori pada buah hasil olahan ternyata mencapai hampir rata rata di 250kal untuk sajian per 70gr rata rata buah olahan kering, hampir mendekati kalori daging sapi bahkan melebihi kalori daging ayam.

4. Penyeimbangan Kalori

Sekarang kita sudah mengetahui tentang kebutuhan harian kalori tubuh kita, manfaat dan efek dari kelebihan serta kekurangan pemenuhan kebutuhan kalori.

Langkah terpenting yang harus senantiasa kita jaga adalah penyeimbangan kalori pada makanan dengan unsur gizi tinggi. Sehingga, kebutuhan kalori bisa terpenuhi tanpa menimbulkan akibat yang justru akan sangat merugikan.

Lakukan hal-hal berikut ini untuk tetap bisa menjaga asupan kalori berlebih :

  • Olah Raga Secara Teratur : Lakukan gerakan rutin setiap hari yang akan mampu membakar kalori dalam tubuh. Meskipun gerakan sederhana, jika berkesinambungan manfaatnya akan sangat besar.
  • Banyak Mengkonsumsi Air Putih : Ini sangat membantu juga sebagai penyeimbang kalori dalam tubuh, sebuah aktifitas sepele yang sangat malas untuk dilakukan bagi sebagian orang.
  • Mengurangi Stress : Bagi sebagian orang ternyata tingkat stress yang tinggi, bisa membuat pola makan yang sangat buruk, yaitu berupa peningkatan volume asupan makanan, serta intensitas yang tinggi dan waktu yang tidak beraturan. Dampak terbesarnya adalah asupan kalori berlebih.

Kita hanya mengulas sedikit tentang kalori, karena makanan dengan unsur gizi tinggi bukan sebatas mengandung nutrisi berupa kalori saja.

1 thought on “Mengenal Kalori Pada Makanan Dengan Unsur Gizi Tinggi

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*