jojo August 9, 2021
herbal diet alami

Bahan Herbal Pendukung Diet

Sehat24jam.com – Tumbuhan atau tanaman yang memiliki khasiat atau kegunaan yang sangat besar terutama dalam pengobatan merupakan herbal. Bagaimana dengan bahan herbal pendukung diet ?, apakah bermakna sama ?

Pengontrolan asupan makanan serta minuman yang dikonsumsi untuk menjaga atau menghasilkan berat badan yang proporsional dengan metode atau cara khusus, adalah merupakan definisi singkat dari diet.

Adapun kaitannya dengan bahan herbal pendukung diet adalah dari sisi efek yang ditimbulkan oleh zat dari tanaman kategori herbal, artinya kandungan dalam tanaman tertentu ada yang mampu memberikan peran baik bagi proses pembentukan berat badan proporsional pelaku diet.

Hal ini dikarenakan proses diet itu berhubungan dengan kesehatan metabolisme tubuh, sehingga kandungan pada setiap asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi sangat diperhatikan dengan baik.

Dan ternyata, masih banyak orang, bahkan yang menjalani diet sekalipun belum tahu bahwa ada bahan herbal pendukung diet dengan manfaat luar biasa dan sudah tidak diragukan.

Dalam dunia kesehatan, banyak sekali bahan baku untuk obat yang menggunakan herbal, tentunya dengan pengolahan secara tepat menggunakan metodologi pengolahan yang terstandar lembaga kompeten di dunia kesehatan.

Selain itu, peralatan untuk mengolahnya pun tidak sembarangan jika dibuat untuk obat-obatan tertentu, terutama yang membutuhkan resep ahli.

Pernah disampaikan seorang pendiri usaha produk minuman kesehatan ketika sedang mengadakan informasi kepada para pengguna produknya di Bandung, kebetulan produk yang menjadi bahan baku utamanya adalah kulit manggis.

Beliau merupakan ahli produk herbal dari kulit manggis ini. Hasilnya adalah berupa juice kulit manggis, mengatakan bahwa “jangan asal mengolah jus kulit manggis tanpa takaran rekomendasi ahli herbal dan alat yang tepat, hal ini dikarenakan apa yang dihasilkan bukannya menjadi obat, tapi justru bisa menjadi racun”, ungkapnya dalam acara tersebut.

Ini diungkapkan, berkaitan dengan banyak beredarnya informasi di masyarakat yang akan berbahaya jika dibiarkan. Yaitu banyaknya anggota masyarakat bahwa untuk membuat juice kulit manggis, cukup menjemur kulit manggis sampai kering kemudian memblender sampai menjadi juice.

Mungkin untuk beberapa tanaman herbal terutama yang sudah umum di sekitar kita, yang biasa ditanam di apotek hidup pekarangan rumah misalnya, pengolahan manual tradisional pun tidak akan menjadi masalah besar, justru terasa langsung manfaatnya.

Dan bahan herbal pendukung diet cara manual tradisional ini yang akan dijelaskan disini. Tujuannya adalah supaya para pelaku diet bisa dengan mudah mendapatkannya, mengolahnya dan murah biayanya, tapi sangat besar kegunaannya.

Bahan Herbal Pendukung Diet yang Bisa Anda Temukan Pada:

1. Green Tea

Satu diantara output yang diharapkan dari program diet adalah mengurangi kadar lemak berlebih pada bagian tubuh manusia, terutama perut. Teh hijau ternyata merupakan bahan herbal yang memiliki daya bakar tinggi terhadap kadar lemak perut.

Green Tea atau biasa dikenal teh hijau dengan kandungan zat didalamnya, selain kaya akan antioksidan memeiliki kelebihan menyusutkan lemak di perut dengan rutin mengkonsumsinya.

Para pelaku diet biasa meminum air teh hijau ini sebanyak 2 kali. Yaitu di waktu pagi, ketika metabolisme aktif tubuh manusia mulai memasuki fase aktif siang hari, setalah sebelumnya berada di fase pasif ketika tidur.

1x lagi dilakukan ketika tubuh hendak memasuki fase pasif, yaitu pada malam hari menjelang tidur. Kelebihan dari zat kandungan green tea ini adalah melakukan pembakaran kadar lemak tubuh bahkan ketika tidur sekalipun.

Manfaat guna dari green tea ini terutama berkaitan dengan system pencernaan. Sehingga tidak heran jika rutin mengkonsumsinya, sangat lancar buang air kecil terutama setelah bangun tidur, penyusutan kadar lemak tubuh salah satunya melalui air seni yang dikeluarkan tersebut.

2. Temulawak, Kunyit dan Kencur

Bahan herbal pendukung diet dengan kemampuan proses pembakaran lemak tubuh secara sempurna diantaranya adalah temulawak, kunyit dan kencur. Bahan herbal alami ini sangat mudah didapatkan di sekitar kita. Bahkan di warung penjual sayuran pun selalu tersedia.

Karena memang ketika tanaman atau tumbuhan ini sering digunakan sebagai bumbu masakan sehari-hari, jadi tidak heran jika di dapur masak setiap rumah pun bisa dengan mudah dijumpai.

Cara konsumsinya sangat mudah. Untuk mendapatkan hasil maksimal pada proses pembakaran lemak tubuh, setelah dibersihkan sukup lakukan parutan kemudian diperas, gunakan penyaringan supaya ampas nya tidak terminum, karena yang dibutuhkan hanya air dari sari perasannya saja.

Untuk rasa yang lebih enak, bisa ditambah perasan jeruk lemon, madu asli, bisa juga ditambahkan gula sebagai pemanis, tapi sangat disarankan gula aren jangan menggunakan gula tebu, guna menjaga proses diet supaya berhasil.

Kenapa disarankan menggunakan madu asli atau madu murni, karena madu murni belum ditambah gula dalam proses pembuatannya. Sehingga benar-benar alami dan khasiatnya benar-benar terjaga.

Resep alami bahan herbal pendukung diet dari ketiga tanaman tersebut sangat bekerja reaktif disaat sedang tidur, sehingga sangat disarankan dikonsumsi sebelum istirahat pada malam hari.

Ketika bangun tidur perut dan saluran pencernaan secara keseluruhan akan terasa sangat nyaman, kesehatan usus dan lambung pun akan terpelihara dengan baik.

3. Rumput Laut

Makanan dari bahan herbal pendukung diet berikutnya adalah rumput laut. Dengan tekstur kenyal dan biasa digunakan untuk pembuatan agar ini sama sama memiliki manfaat baik untuk metabolisme tubuh.

Khusus untuk rumput laut ini, pelaku program diet sangat disarankan untuk mengkonsumsinya, terlebih bagi mereka yang mudah merasa lapar. Biasanya dalam diet, mudah merasa lapar bisa menjadi godaan yang paling sulit dilawan, sehingga pada akhirnya lebih memilih kenyang dibandingkan harus menunda lapar.

Selain bagus untuk proses pembakaran lemak seperti halnya teh hijau, kunyit, kencur dan temulawak, rumput laut memiliki kelebihan tersendiri sebagai bahan herbal pendukung diet untuk menahan rasa lapar lebih lama.

Rumput laut juga bisa digabungkan dengan madu, tapi perlu dicatat bahwa madu yang dikonsumsi disarankan menggunakan madu asli, baik madu hutan maupun madu olahan petani.

Demikian beberapa makanan dan minuman bahan herbal pendukung diet yang memiliki khasiat tidak diragukan dan terbukti banyak membantu menjaga/memelihara kesehatan, membantu proses penyembuhan penyakit dan membantu proses keberhasilan program diet.

Jadi, mulai sekarang jangan anggap remeh tanaman-tanaman alami di sekitar kita ya, karena jika kita tahu khasiat dalam kandungannya, kita bisa lebih banyak mengambil manfaatnya.

Akan lebih baik lagi jika berkeinginan untuk membudidayakan, meskipun hanya memanfaatkan pekarangan kecil di dekat rumah, apalagi jika secara serius melakukan di lahan khusus tanaman kaya manfaat ini. Bahan herbal pendukung diet apa saja yang paling anda sukai selama ini, atau malah belum tahu, seperti kebanyakan masyarakat kita yang jarang tahu, manfaat tumbuhan alami anugerah Yang Maha Kuasa ini.

1 thought on “Jarang Orang Tahu Bahan Herbal Pendukung Diet Ini

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*